Kamis, 31 Mei 2012

Laporan Amplifiers TDA 2005


By: Angga Rio Pradika Ginting
Teknik Transmisi @ 38
SMKN 1 CIMAHI
 
BAB I
PENDAHULUAN

                                                                                                                                    
1.1  LatarBelakang

Laporan ini merupakan suatu tugas yang dilaksanakan oleh para siswa dalam jangka waktu yang cukup lama khususnya pada jurusan Teknik Transmisi, yang bertujuan untuk :
1. Memenuhi nilai standar kompetensi siswa dalam mata pelajaran Perakitan yang dilaksanakan di setiap  semester2 dalam tingkat 10.
2. Para siswa dituntut untuk bisa membuat sebuah alat elektronika dalam tingkat yang masih dasar, mulai dari perencanaan hingga pembuatan.
3. Siswa diharapkan lebih memahami dan mengenal komponen, cara membuat PCB, dan lain-lain.
Pada kesempatan ini penulis akan menjelaskan sedikit dari ilmu pengetahuan elektronika yaitu cara membuat Amplifier, dalamlaporan ini penulis maksimal memberikan informasi sedetail-detailnya meskipun masih banyak kekurangan contohnya bahan, peralatan, cara membuat dan melubangi PCB sampai dengan cara melarutkan.
Pekerjaan itu semua dikerjakan secara individual, dan harus diselesaikan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.dalam hal pengerjaan, siswa dituntut untuk membuatnya secara baik dan benar, baik dari pertama hingga penyelesaian.
Setelah pembuatan alat elektronika tersebut, para siswa diwajibkan untuk membuat sebuah laporan, yang artinya itu akhir dari tugas pembuatan Amplifiers, laporan yang dibuat harus sesuai fakta dan nyata.
Terakhir penulis sangat-sangat berterima kasih kepada guru-guru jurusan Teknik Transmisi yang sudah memberikan ilmunya walaupun hanya sedikit akan tetapi itu semua sangat berarti bagi penulis.
Terutama Bpk.Ipit, Ibu Elis, danBpk.Heru yang sudah sangat berjasa memberikan ilmunya dengan maksimal yang sehingga penulis dapat melakukan tugasnya dengan maksimal, dan mohon maaf apabila penulis belum dapat mengaplikasikan ilmu yang diberikan para guru secara maksimal.




1.2 Tujuan                                                                                                            
Tujuanya dibuat rangkaian elektronika dan laporan ini adalah salah satunya untuk memenuhi nilai standar kompetensi siswa dalam mata pelajaran Perakitan yang akhirnya para siswa diharapkan untuk dapat lulus  pada tugas akhir semester 2, dan juga bermanfaat bagi pengguna.
Adapun tujuan dari Perakitan ini :
a)   Melatih Kerajinan
Para siswa di tuntut agar tidak malas dalam mengerjakan tugas akhir semester ini agar hasil yang dikeluarkan akan itu baik.
b)   Pengetahuan elektronika
Para siswa harus dapat mengetahui bentuk dan macam-macam komponen yang sesuai digunakan dalam Perakitannya. Selain itu pun dalam karakteristik masing-masing komponen siswa harus mengetahuinya,  Mengetahui fungsi dan kegunaan dari komponen-komponen elektronika.
c)    Cara penggunan perkakas
Para siswa wajib mengetahui dan menggunakan berbagai macam perkakas yang digunakan dalalm praktik perakitan dan pembuatan rangkaian tersebut, baik yang sudah dipelajari maupun tidak sama sekali.
d)   Alat ukur
Para siswa harus mengetahui dan dapat mengoprasikan atau menggunakan alat ukur yang dipergunakan dalam praktik pengujian dan pengukuran alat atau rangkaian elektronika.
e)    Pengalaman
Para siswa dapat menambah pengalaman kerja ilmiah dalam bidangnya dan lebih memperlancar dalam pembuatan laporan kerja ilmiah yang sesuai dengan aturan pembuatan laporan ilmiah dan tata bahasa.

1.3 MetodePengumpulan Data
Metoda yang digunakandalampengumpulan data yaitudengancara :
·         Interview kepada guru yang bersangkutandanrekan – rekan.
·         Studikerumahtetangga.
·         Pencarian data – data dengancaramelakukan browsing di internet.
BAB II
TEORI DASAR
     2.1  Dasar TeoriRangkaian
Ini
Amplifier inimerupakanbagiandari system elektronika, yang dimaksuddengan system elektronikaadalahsuatuelemen yang salingberkaitansatusamalainyadalamrangkaian yang menggunakanaruslemah,aruslemahbiasadigunakan pada amplifier yang akhirnyadapatmenghasikandaya yang lebihbesar yang dapatdigunakanuntukpengerassuara.
Amplifier pada sat inibanyakdipergunakan di studio – studio music, radio, bahkan di rumahjuga, karena amplifier inisangatbergunaunutkkehidupansehari – hari, amplifier terdiridaribeberaparangkaian, yaitu : Power Supply, Pre Mic, Tone Control dan Power Amplifier.
Daya yang dihasilkanoleh amplifier itudapatmemberikankegunaansebagai power untukmenghasilkansuara yang lebihbesardanlebihbeninglagidarisuaraaslinya, selainitujugapenggunaandapatmengaturbesarkecilnya volume, bass, dan treble denganmenggunakanpotensiometer yang telahterdapatpadarangkaiantersebut.
2.2  Power Supply

Pencatu Daya (Inggris: power supply) adalah sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain, terutama daya listrik. Pada dasarnya pencatu daya bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa pencatu daya yang menghasilkan energi mekanik, dan energi yang lain.
Pencatu daya listrik
Secara garis besar, pencatu daya listrik dibagi menjadi dua macam, yaitu pencatu daya tak distabilkan dan pencatu daya distabilkan. Pencatu daya tak distabilkan dan Pencatu daya distabilkan.
         Pencatu daya tak distabilkan merupakan jenis pencatu daya yang paling sederhana. Pada pencatu daya jenis ini, tegangan maaupun arus keluaran dari pencatu daya tidak distabilkan, sehingga berubah-ubah sesuai keadaan tegangan masukan dan beban pada keluaran. Pencatu daya jenis ini biasanya digunakan pada peranti elektronika sederhana yang tidak sensitif akan perubahan tegangan. Pencatu jenis ini juga banyak digunakan pada penguat daya tinggi untuk mengkompensasi lonjakan tegangan keluaran pada penguat.
         Pencatu daya distabilkan, pencatu jenis ini menggunakan suatu mekanisme loloh balik untuk menstabilkan tegangan keluarannya, bebas dari variasi tegangan masukan, beban keluaran, maupun dengung. Ada dua jenis kalang yang digunakan untuk menstabilkan tegangan keluaran, antara lain:
         Pencatu daya linier, merupakan jenis pencatu daya yang umum digunakan. Cara kerja dari pencatu daya ini adalah mengubah tegangan AC menjadi tegangan AC lain yang lebih kecil dengan bantuan Transformator. Tegangan ini kemudian disearahkan dengan menggunakan rangkaian penyearah tegangan, dan di bagian akhir ditambahkan kondensator sebagai penghalus tegangan sehingga tegangan DC yang dihasilkan oleh pencatu daya jenis ini tidak terlalu bergelombang. Selain menggunakan dioda sebagai penyearah, rangkaian lain dari jenis ini dapat menggunakan regulatortegangan linier sehingga tegangan yang dihasilkan lebih baik daripada rangkaian yang menggunakan dioda. Pencatu daya jenis ini biasanya dapat menghasilkan tegangan DC yang bervariasi antara 0 - 60 Volt dengan arus antara 0 - 10 Ampere.

2.3 Power Amplifier


Power Amplifier adalah alat untuk meningkatkan daya dari sinyal dengan menggunakan sumber energi eksternal.
Dalam sebuah penguat elektronik , masukan "sinyal" biasanya tegangan atau arus. Jenis lain ada; sebuah penguat fluidic meningkatkan kekuatan sinyal direpresentasikan sebagai aliran gas atau cairan, misalnya. Penguat dapat diklasifikasikan dalam berbagai cara tergantung pada aplikasi mereka, rentang freqeuncy mereka menutupi, atau perangkat aktif digunakan. Idealnya amplifier meningkatkan kekuatan sinyal tanpa dinyatakan mengubah itu; amplifier praktis memiliki distorsi dan kebisingan yang terbatas mereka selalu menambah sinyal.
Perangkat yang mengkonversi sinyal dari satu jenis yang lain (misalnya, lampu sinyal di foton ke DC sinyal dalam ampere ) adalah transduser, sebuah transformator, atau sensor. Namun, tidak satu pun memperkuat kekuasaan . amplifier Elektronik
Ada banyak jenis amplifier elektronik, yang biasa digunakan dalam radio dan televisipemancar dan penerima , tinggi kesetiaan ("hi-fi") stereo peralatan, mikrokomputer dan peralatan digital lainnya elektronik, dan gitar dan amplifier instrumen. Komponen penting termasuk perangkat aktif , seperti tabung vakum atau transistor.
2.4 Cara Kerja Rangkaian
Cara kerja rangkaian ini yaitu mengubah tegangan AC menjadi DC, dengan melwati dioda tegangan tersebut akan berubah, apabila steker pada power supply di colokan, maka otomatis tegangan PLN akan mengalir pada power supply, pada saat mengalir, tegangan akan melewati trafo dahulu, trafo yang berjenis step down, dan mengakibatkan tegangan yang masuk akan diperkecil oleh trafo, contohnya apabila power supply menerima tegangan 220 V, dengan menggunakan trafo berjenis step down, tegangan tersebut akan berubah menjadi 12 V, tegangan yang melewati trafo dapat kita atur sesuai dengan keinginan kita seperti 12 V,15 V, dan 18 V.
Apabila tegangan sudah diperkecil oleh power supply, tegangan akan mengalir pada komponen-komponen yang berada pada jalur PCB, disana banyak sekali proses perubahan, dan yang paling menonjol perubahan tersebut, ditunjukan oleh dioda yaitu yang membuat tegangan AC menjadi tegangan DC, maka dari itu pada rangkaian ini dioda sangat dibutuhkan, apabila tegangan AC sudah berubah menjadi tegangan DC, tegangan pun siap berfungsi memberi tegangan pada rangkaian lain, dengan jumlah tegangan yang seperti 12 V, 15 V, 18 V dan lain-lain, dan artinya power supply tersebut berjalan dengan baik.

Rangkaian pengukur ketinggian ini disusun oleh beberapa komponen – komponen elektronika yaitu :
1.      RESISTOR                      
Resitor (hambatan listrik) berfungsi nutuk mendalikan arus listrik yang lewat pada rangkaian elektronika, dan mengendalikan nilai tegangan listrik. Resistor dibagi dalam jenis resistor bernilai tetap (resistor statis) dan resistor bernilai berubah-ubah (variabel resistor). Resistor statis memiliki sebuah nilai tahanan listrik yang tetap. Sedangkan variabel resistor memiliki tahanan listrik yang berada dalam suatu rentang jangkauan.
a)      Resistor statis
 
Gambar 1.1 Resistor                      Gambar 1.2 lambang Resistor
                    
Resistor statis atau resistor bernilai tetap disusun menggunakan cincin – cincin warna, cincin – cincin warna tersebut dapat berjumlah 3 warna, 4 warna, 5 warna bahkan 6 warna. Cincin itu berfungsi sebagai kode nilai resistor, warna cincin berbeda – beda sesuai nilai resistor yang dibutuhkan.
Tabel Kode Warna Cincin Resistor
Warna cincin
Cincin 1
Cincin 2
Cincin 3
Cincin 4
Cincin 5
Hitam
0
0
0
x

Coklat
1
1
1
x
±1%
Merah
2
2
2
x
±2%
Jingga
3
3
3
x
-
Kuning
4
4
4
x
-
Hijau
5
5
5
x
-
Ungu
6
6
6
x
-
Abu – abu
7
7
7
x
-
Putih
8
8
8
x
-
Emas
-
-
-
x
±5%
Perak
-
-
-
x
±10%
Tanpa warna
-
-
-
-
±20%
Tabel diatas adalah tabel kode warna pada resistor statis 4 cincin.
2.      TRANSISTOR
Gambar 1.6 Bentuk-bentuk Transistor

Transistor merupakan komponen elektronika pertama yang mengantarkan dunia elektronika klasik menuju elektronika modern. Transistor pada umunya berfungsi sebagai sakelar dan komponen penguat tegangan atau arus listrik.
Dan juga Transistor adalah alat semikonduktor yang dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya. Transistor dapat berfungsi semacam kran listrik, dimana berdasarkan arus inputnya (BJT) atau tegangan inputnya (FET), memungkinkan pengaliran listrik yang sangat akurat dari sirkuit sumber listriknya.

Jenis-jenis transistor

PNP
P-channel
NPN
N-channel
BJT

JFET

Gambar 1.7 Simbol Transistor dari Berbagai Tipe
Secara umum, transistor dapat dibeda-bedakan berdasarkan banyak kategori:
*       Materi semikonduktor: Germanium, Silikon, Gallium Arsenide
*       Kemasan fisik: Through Hole Metal, Through Hole Plastic, Surface Mount, IC, dan lain-lain
*       Tipe: UJT, BJT, JFET, IGFET (MOSFET), IGBT, HBT, MISFET, VMOSFET, MESFET, HEMT, SCR serta pengembangan dari transistor yaitu IC (Integrated Circuit) dan lain-lain.
*       Polaritas: NPN atau N-channel, PNP atau P-channel
*       Maximum kapasitas daya: Low Power, Medium Power, High Power
*       Maximum frekwensi kerja: Low, Medium, atau High Frequency, RF transistor, Microwave, dan lain-lain
*       Aplikasi: Amplifier, Saklar, General Purpose, Audio, Tegangan Tinggi, dan lain-lain
3.      DIODA
                          
       Gambar 1.8 dioda                                    Gambar 1.9 macam-macam bentuk dioda
Dalam elektronika, dioda adalah komponen aktif bersaluran dua (dioda termionik mungkin memiliki saluran ketiga sebagai pemanas). Dioda mempunyai dua elektroda aktif dimana isyarat listrik dapat mengalir, dan kebanyakan dioda digunakan karena karakteristik satu arah yang dimilikinya. Dioda varikap (VARIable CAPacitor/kondensator variabel) digunakan sebagai kondensator terkendali tegangan.
Sifat kesearahan yang dimiliki sebagian besar jenis dioda seringkali disebut karakteristik menyearahkan. Fungsi paling umum dari dioda adalah untuk memperbolehkan arus listrik mengalir dalam suatu arah (disebut kondisi panjar maju) dan untuk menahan arus dari arah sebaliknya (disebut kondisi panjar mundur). Karenanya, dioda dapat dianggap sebagai versi elektronik dari katup pada transmisi cairan.

Jenis-jenis dioda semikonduktor

Dioda


Gambar 2.0 Simbol berbagai jenis dioda
               Gambar 2.1 Dioda
4.      TRAFO
Transformator (trafo) berfungsi untuk memindahkan daya listrik (baik arus maupun tegangan) dari kumparan primer ke kumparan sekunder yang dilakukan secara induksi dengan maksud menaikan atau menurunkan daya listrik tersebut.
Transformator memiliki dua buah lilitan. Lilitan yang disambungkan pada sebuah sumber tegangan bolak-balik disebut lilitan primer. Sedangkan lilitan yang terhubung ke beban disebut lilitan sekunder.
Bila lilitan sekunder lebih banyak dibandingkan lilitan primer maka trafo disebut penaik tegangan (step up), dan sebaliknya disebut trafo penurun tegangan (step down).
Rumus-rumus perbandingan lilitan primer dan lilitan sekunder adalah sebagai berikut :
Ep : Es : Np : Ns sedangkan untuk arus maka Ep : Es: Is : Ip
Gambar 2.3 ilustrasi trafo

5.      KAPASITOR
Kondensator atau sering disebut sebagai kapasitor adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kondensator memiliki satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday. Kondensator juga dikenal sebagai "kapasitor", namun kata "kondensator" masih dipakai hingga saat ini. Pertama disebut oleh Alessandro Volta seorang ilmuwan Italia pada tahun 1782 (dari bahasa Itali condensatore), berkenaan dengan kemampuan alat untuk menyimpan suatu muatan listrik yang tinggi dibanding komponen lainnya. Kebanyakan bahasa dan negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris masih mengacu pada perkataan bahasa Italia "condensatore", bahasa Perancis condensateur, Indonesia dan Jerman Kondensator atau Spanyol Condensador.
*          Kondensator diidentikkan mempunyai dua kaki dan dua kutub yaitu positif dan negatif serta memiliki cairan elektrolit dan biasanya berbentuk tabung.
Gambar 3.1 Lambang kondensator (mempunyai kutub) pada skema elektronika.
*          Sedangkan jenis yang satunya lagi kebanyakan nilai kapasitasnya lebih rendah, tidak mempunyai kutub positif atau negatif pada kakinya, kebanyakan berbentuk bulat pipih berwarna coklat, merah, hijau dan lainnya seperti tablet atau kancing baju.
Gambar 3.2 Lambang kapasitor (tidak mempunyai kutub) pada skema elektronika.
Namun kebiasaan dan kondisi serta artikulasi bahasa setiap negara tergantung pada masyarakat yang lebih sering menyebutkannya. Kini kebiasaan orang tersebut hanya menyebutkan salah satu nama yang paling dominan digunakan atau lebih sering didengar. Pada masa kini, kondensator sering disebut kapasitor (capacitor) ataupun sebaliknya yang pada ilmu elektronika disingkat dengan huruf (C).
Gambar 3.3 Kapasitor dalam rangkaian elektronik

Kapasitansi

Satuan dari kapasitansi kondensator adalah Farad (F). Namun Farad adalah satuan yang terlalu besar, sehingga digunakan:
Pikofarad (pF) =
Nanofarad (nF) =
Microfarad ( ) =
Kapasitansi dari kondensator dapat ditentukan dengan rumus:
C : Kapasitansi
ε0 : permitivitas hampa
εr : permitivitas relatif
A : luas pelat
d :jarak antar pelat/tebal dielektrik
Adapun cara memperbesar kapasitansi kapasitor atau kondensator dengan jalan:
1.      Menyusunnya berlapis-lapis.
2.      Memperluas permukaan variabel.
3.      Memakai bahan dengan daya tembus besar. Jenis kondensator
Berdasarkan kegunaannya kondensator dibagi dalam:
1.      Kondensator tetap (nilai kapasitasnya tetap tidak dapat diubah)
2.      Kondensator elektrolit (Electrolite Condenser = Elco)
3.      Kondensator variabel (nilai kapasitasnya dapat diubah-ubah)

Kondensator elektrolit
Gambar 3.4 Kapasitor


Bermacam-macam bentuk Kondensator elektrolit (Electrolytic Condenser)
Kondensator elektrolit atau Electrolytic Condenser (sering disingkat Elco) adalah kondensator yang biasanya berbentuk tabung, mempunyai dua kutub kaki berpolaritas positif dan negatif, ditandai oleh kaki yang panjang positif sedangkan yang pendek negatif atau yang dekat tanda minus ( - ) adalah kaki negatif. Nilai kapasitasnya dari 0,47 µF (mikroFarad) sampai ribuan mikroFarad dengan voltase kerja dari beberapa volt hingga ribuan volt.
        
                          
Gambar 3.5 lambang gambar untuk Kapasitor Elektrolit pada skema elektronika.


Gambar 3.6 bentuk fisik kapasitor
Tampak pada gambar diatas polaritas negatif pada kaki Kondensator Elektrolit.
Selain kondensator elektrolit yang mempunyai polaritas pada kakinya, ada juga kondensator yang berpolaritas yaitu kondensator solid tantalum. Kerusakan umum pada kondensator elektrolit di antaranya adalah:
1.       Kering (kapasitasnya berubah)
2.       Konsleting
3.       Meledak, yang dikarenakan salah dalam pemberian tegangan positif dan negatifnya, jika batas maksimum voltase dilampaui juga bisa meledak.
6.      INTEGRATED CIRCUIT
IC adalah komponen semikonduktor ekuivalensi dari ratusan atau bahkan ribuan komponen lain. Tetapi IC mempunyai komponen terpisah, rangkaian dibentuk pada sekeping kecil silikon.  Dengan cara ini rangkaian yang sangat rumit dapat dibuat pada ruangan yang sangat kecil. Ada dua komponen utama rangkaian terpadu yaitu : TTL (Transistor Transistor Logic) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor). Kedua komponen rangkaian terpadu ini meliputi IC Digital. Keluarga CMOS juga meliputi IC-IC analog dari beberapa IC yang memiliki rangkaian analog dan digital pada chip yang sama.
Beberapa bentuk IC
IC TTL (Integrated Circuit Transistor Transistor Logic)
Transistor dalam IC digital dibuat pada keping silikon dengan cara yang sama dengan IC analog. Kondisi dua keadaan (ON/FF) adalah jantung dari logika digital dan komputer digital. Dengan mengendalikan kondisi ON/OFF transistor pada IC digital, dapat dibuat berbagai fungsi logika. ada tiga fungsi logika dasar yaitu AND, OR dan NOT seperti yang telah dibahas pada sub judul gerbang logika. IC ini merupakan tegangan sumber antara 4,75 Volt-5,25 Volt sehingga banyak digunakan pada rangkaian-rangkaian digital.
IC CMOS (IC Complementary Metal Oxide Semiconductor)
Pada prinsipnya IC TTL dan IC CMOS mempunyai dasar pengertian yang sama. Apabila pengetahuan mengenai IC TTL sudah dikuasai maka untuk memahami IC CMOS tidak akan menemui kesulitan. Walaupun demikian ada beberapa perbedaan, juga keuntungan dan kerugiannya. Keuntungan yang paling menonjol dalam penggunaan IC CMOS adalah konsumsi dayanya yang rendah dan memungkinkan pemilihan tegangan sumbernya yang jauh lebih lebar. Proyek-proyek yang menggunakan IC CMOS akan mengkonsumsi baterai dalam waktu yang jauh lebih lama dilebarbidangingkan dengan rangkaian yang sama dengan menggunakan IC TTL. Tegangan sumbernya jauh lebih lebar yaitu antara 3 V sampai 15 V. level pengsaklaran CMOS merupakan fungsi dari tegangan sumber. Makin tinggi sumber tegangan akan sebesar tegangan yang memisahkan antara keadaan “1” dan “0”. Ini merupakan keuntungan tersendiri, karena rangkaiannya menjadi tahan terhadap desah level tinggi. Pemisahan antara “0” dan “1” yang lebar akan menurunkan penerimaan terhadap pengsaklaran yang salah akibat adanya loncatan tegangan.
Kerugiannya adalah meningkatkan kemungkinan rusaknya komponen akibat elektrostatis dan harganya lebih mahal. Karena itu IC CMOS dikemas dengan bahan konduktif. Hindarkan sentuhan langsung dengan jari ke pin-pinnya. Sebagai catatan, semua masukan CMOS harus dibumikan (ground) atau dihubungkan ke sumber tegangan. Tidak seperti IC TTL yang dapat beroperasi walaupun ada beberapa masukannya yang diambangkan IC CMOS akan beroperasi secara salah jika ada masukannya yang tidak diambangkan.

Gambar 4.0 IC di dalam sebuah sirkuit elektronik
Hanya setengah abad setelah penemuannya, IC telah digunakan dimana-mana. Radio, televisi, komputer, telepon selular, dan peralatan digital lainnya yang merupakan bagian penting dari masyarakat modern. Contohnya, sistem transportasi, internet, dll tergantung dari keberadaan alat ini. Banyak skolar percaya bahwa revolusi digital yang dibawa oleh sirkuit terpadu merupakan salah satu kejadian penting dalam sejarah umat manusia. IC mempunyai ukuran seukuran tutup pena sampai ukuran ibu jari dan dapat diisi sampai 250 kali dan digunakan pada alat elektronika.
2.5 Sistematika Kerja


1.        Menyiapkan Rangkaian
     Menyiapkan rangkaian yang akan dibuat, boleh langsung pada PCB ataupu sketsa dahulu.
2.        Layout
Cetak hasil layout pada komputer, lalu pindahkan layout yang baru saja dicetak ke PCB.
3.          Pelarutan
Setelah tercatak pada PCB yakinkan hasil cetakan bagus dan tidak berlubang, lalu larutkan dengan larutan Fericlorit, sampai terbentuk ssesuai hasil layout yang diinginkan.
4.        Pengeboran
Setelah pelarutan, buatlah lubang sebesar kaki komponen pada tiap-tiap tempat yang telah ditentukan dengan menggunakan bor.
5.         Perakitan
Rakitkan komponen pada tempat yang telah ditentukan, dengan menggunakan solder.
6.          Pemasangan rangkaian pada Box
Rangkaian yang sudah dirakit kemudian dimasukan dan dipasang ke dalam box plastik (acrilic), agar rangkaian dapat bertahan lama.
7.          Pengukuran
Ukur arus pada tiap-tiap test point, untuk mengetahui kerja dari alt itu.
8.          Uji coba
Uji cobakan alat sesuai dengan cara kerja dan fungsi alat tersebut hingga semua fungsi dari alat tersebut teruji dengan berfungsi secara baik.

   
BAB III
PERAKITAN
3.1 Peralatan yang di butuhkan
Peralatan

Peralatan yang di butuhkan pada saat membuat alat elektronika pengukur ketinggian air otomatis sebagai berikut :

·    CUTTER
    Untuk merapihkan rugos yang tidak sesuai dengan tempatnya dan juga dapat sebagai alat bantu pada saat memotongkan PCB.
·    PENSIL
    Membuat sketsa layout dengan membuat garis – garis tipis.
·    PENGHAPUS
    Untuk menghapus apabila pada saat membuat sketsa terjadi kesalahan.
·    PENGSERUT
   Untuk mempertajam ujung pensil pada saat membuat sketsa layout.
·    TOOLKIT
   Sebagai sarana alat tambahan untuk keperluan kita dalam membuat layout.
·    AVOMETER
    Untuk membuktikan atau menguji apakah jalur pada PCB terhubung atau tidak
·    SOLDER
Untuk membantu menghubungkan komponen dengan PCB dengan bantuan timah.
·         PENYEDOT TIMAH
Untuk menyedot timah yang tidak diperlukan pada PCB atau terdapat kesalahan pada saat menyolder.
·         BOR LISTRIK
Untuk melubangi PCB, sesuai dengan tempat komponenya masing – masing. 
·      ABU GOSOK / AMPLAS
Untuk menghaluskan sisi - sisi PCB.
·         TEMPAT MELARUT
Sebagai tempat untuk melarutkan PCB, dapat menggunakan larutan FeCL.
·         KAIN LAP
Untuk membersihkan kotoran – kotoran hasil larutan.
·         AKRILIK
Sebagai cassing PCB.
·         SPIDOL OPM
Untuk membuat tata jalur rangkaian. Dengan ketebalan dan ketopisan tertentu.
·         PENGGARIS
Untuk membuat garis – gaaris pada layout agar terlihat lurus dan rapih

Bahan
bahan yang di butuhkan pada saat membuat alat elektronika pengukur ketinggian air otomatis sebagai berikut :
·         RUGOS
Sebagai sarana praktis untuk membuat jalur – jalur pada PCB, karena dengan kita menggosoknya, garis pun akan tercipta dengan rapih dan bersih.
·         LARUTAN
Untuk menghilangkan timah yang tidak diperlukan pada saat membuat layout pada PCB. Contohnya larutan FeCl. Larutan ini mudah dijumpai pada toko – toko elektronik, selain mudah dijumpai harganya pun murah.
·         TIMAH
Untuk membantu menempelkan komponen pada PCB dengan bantuan solder. Haraganya sangat relatif murah.
·         MATA BOR
Mata bor sangat berpengaruh pada saat menghubungkan komponen pada PCB, karena harus sesuai dengan diameter komponen tersebut. apabila tidak pas dengan diameter yang ditentukan. Nanti setelah selesai hasil yang dikeluarkan akan tidak maksimal.
·         PCB
Sebagai tempat untuk membuat jalur rangkaian, dan setelah melakukan etching pada PCB biasanya PCB langsung dilarutkan pada larutan, lebih baik menggunakan bahan PCB yang fiberglass karena lebih cepat pada saat pelarutan dibandingkan dengan bahan yang bernama fanilik, dan akhir dari penyelesaian, hasil yagn dikeliarkan jauh lebih baik fiberglass dibandingkan fanilik.

3.2              Keselamatan dan kesehatan kerja

Keselamatan kerja merupakan hal yang sangat penting dalam suatu pekerjaan, contohnya pada saat menyolder, penempatan keselamatan kerja sebagai prioritas yagn tidak dapat ditawar sebab merupakan sifat dasar yang membahayakan untuk kelangsungan pekerjaan.
Apabila dalam kelangsungan pekerjaan terjadi kecelakaan, merupakan suatu kesalahan yang seharusnya diharapkan dapat dihindari sebelumnya, dengan adanya kehati-hatian kita kita dapat terhindar dari kecelakaan kerja yang dapat terjadi kapan saja saat kita sedang melangsungkan pekerjaan.
Dengan menggunakan perlengkapan K3, contohnya jas lab kita dapat terhindar dengan solder dan agar pakaian menjadi lebih bersih dibandingkan dengan yang tidak menggunakan jas lab, agar tidak bersentuhan langsung dengan tanah kita harus menggunakan alas kaki, dimaksudkan agar tidak terjadi kontak langsung dengan tanah karena tanah merupakan suatu zat yang bermuatan negative atau ground yang dapat menjadi penyalur atau penghubung kita dengan arus listrik.
Maka dari itu pada saat kita mengerjakan Perakitan kita harus banyak berhati-hati, apalagi padasaat menyolder dan mengebor, karena apabila terjadi kesalahan sedikit saja akan berdampak bagi diri sendiri dan orang lain.
Diharapkan kepada para siswa yang berkerja agar tidak ceroboh pada saat bekerja karena itu akan berdampak negative bagi kita semua.

3.3              Proses pembuatan layout pada PCB

Langkah pertama yaitu membuat layout pada PCB, ada beberapa cara untuk membuat layout pada PCB yaitu :
                                                                                                                        I.            Manual    : mengguanakan Pensil, Penggaris, spidol OPM  dan juga Rugos.
                                                                                                                     II.            Auto        :menggunakan komputer lalu hasilnya disetrika pada PCB.
Pada kesempatan pertama ini yaitu membuat layout pada PCB, kita akan menggunakan cara manual, bahan dan peralatan yang akan kita gunakan pada saat membuat layout seperti PCB, Penggaris, Pensil, Penghapus, Pengserut, Rugos, Skema Rangkaian dan Cutter. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut :
·         Pertama- tama kita buat sketsa pada PCB sesuai dengan skema rangkaian yang kita punyai. Gunakanlah pensil , penggaris dan penghapus untuk membuat sketsa. Hal –hal yang harus diperhatikan pada saat membuat sketsa rangkaian yaitu: tidak ceroboh pada saat menempatkan garis dan lubang pada PCB karena apabila salah akan sangat fatal dan satu lagi tidak terburu-buru dalam hal membuat sketsa.biarpun lama yang penting bagus, teratur dan rapih.
·           Setelah kita menglaksanakan etching kita tempel garis – garis yang di buat sketsa tadi dengan menggunakan Rugos, pada saat menggunakan rugos garis, rugos lubang, dan rugos huruf, kita harus berhati-hati karena rugos sulit untuk diatur sebelum kita terbiasa, dan apabila ada rugos yang melampaui batas sketsa kita dapat merapihkanya dengan menggunakan cutter, perlu diperhatikan, pada saat kita merapihkan menggunakan cutter, kita harus menggoreskanya secara perlahan-lahan, karena apabila terlalu bertenaga akan dapat merusak PCB tersebut, dan apabila ada rugos yang belum terhubung kita dapat menggunkan spidol OPM untuk menambalnya, alangkah baiknya kita lebih mendahului rugos lubang dibandingkan dengan yang lainya.

3.4  SkemaRangkaian

 









Gb. 3.1.a Skema rangkaian tone control mono






Gb. 3.1.b Skema rangkaian Power Amplifier


Gambar layout dan tata letak TONE CONTROL MONO :
Gambar layout dan tata letak komponen POWER APLIFIER :
Gambar layout dan tata letak komponen PRE MIC :

3.5  Proses pelarutan

Langkah berikutnya yaitu melarutkan PCB pada larutan , pada saat melarutkan penulis menggunakan air panas yang menggolak, karena dengan menggunakan air panas proses pelarutan akan lebih cepat dibandingkan dengan yang menggunakan air yang berasuhu rendah.
Pada saat air mendidih PCB dicelupkan pada wadah yang sudah disediakan lalu sambil menunggu, PCB dalam wadah tersebut digoyangkan, karena agar tembaga atau kondutor yang terdapat pada PCB hilang terlarut.
Setelah digoyangkan kurang lebih selama 10 menit, PCB yang dilarut diangkat lalu dibersihkan dengan menggunakan kain lap, tunggulah selama kurang lebih 5 hingga PCB terlihat kering.
Setelah PCB yang sudah dilarut itu kering, lalu PCB tersebut kita dapat bersihkan dengan menggunakan amplas yang kasar, dengan menggunakan amplas yang kasar, PCB akan terlihat bersih dan cemerlang.


3.6  Proses pengeboran
Tahap terakhir dalam proses pembuatan yaitu pengeboran, dalam tahap pengeboran yang perhatikan yaitu:
·         Letakan mata bor pada ujung bor listrik, kencangkan mata bor pada leher ujung mata bor.
·         Tempelkan steker bor listrik pada stop kontak.
·         Setelah bor listrik menyala, letakan PCB pada penampang bor listrik.
·         Lalu bor lubang PCB sesuai dengan yang ditentukan.
·         Jauhkan tangan dari bor listrik.
·         Pada saat melubangi PCB, tiuplah sisa-sisa PCB yang telah dilubangi agar tidak menghalangi pengelihatan kita pada saat melubangi.















BAB IV
PEMASANGAN KOMPONEN

4.1              Proses pemasangan komponen

Dalam tahap pertama perakitan ini, yaitu pemasangan komponen, dalam tahap pemasangan komponen kita alangkah baiknya mendahulukan komponen pasif terlebih dahulu seperti kapasitor dan resistor, lalu dilanjutkan dengan komponen aktif.
Gunakanlah tang lancip untuk meluruskan atau membengkokan kaki-kaki komponen, karena dengan menggunakan tang lancip kaki komponen akan masuk ke lubang PCB dengan mudah dan rapih, dan kebengkokanya itu harus didapatkan  , apabila kaki komponen tidak cukup pada lubang PCB, diwajibkan untuk kita agar melubanginya lagi dengan diameter mata bor yang lebih besar lagi, dan apabila lubang pada PCB terlalu besar untuk kita pasang, kita boleh saja langsung memasukanya, akan tetapi harus diperkirakan, apakah lubang itu tidak terlalu besar untuk kita masuki kaki komponen, apabila lubang pada PCB terlalu besar kita harus mengulanginya lagi, karena apabila dipaksakan hasil yang dihasilnya akan tidak terlalu sempurna, dan apabila lubang PCB kira – kira dapat dimasuki, kita masih dapat mengusahakan itu dengan cara menyoldernya, posisi komponen diatas PCB tampak atas harus teratur dan dilihat dari sisi estetika elektronika harus indah, Terkahir kita merapihkan bahan dan peralatan yang sudah dipergunakan.
4.2              Proses penyolderan

Proses penyolderan, proses ini diperlukan hati-hati yang sangat perlu, karena apabila kita tidak berhati-hati, dampaknya itu sangat berbahaya, contohnya apabila tangan kita terkena solder akibatnya tangan kita akan terbakar dan kulit kita terkelupas, maka dari itu sangat diperlukan K3.
Hasil dari penyolderan yang dapat diandalkan tergantung atas :
·         Penyambungan yang baik (joint fit), artinya sambungan memenuhi persyaratan tersebut diatas.
·         Persiapan permukaan yang baik, artinya permukaan yang disolder harus dipertinan ( dilapisi timah ) dan dibersihkan sebagai berikut :
                                                                                                                i.            Lemak dan minyak-minyaknya harus dihilangkan dengan bahan yang cocok seperti bahan kimia khusus.
                                                                                                              ii.            Karat dan kotoran yang keras harus dibersihkan dengan cara mekanik yaitu digosok dengan bahan wool atau penghapus tinta yang keras.
                                                                                                            iii.            Bila menggunakan bahan kimia, jangan yang menimbulkan karatan.
·         Menggunakan bahan pasta yaitu bahan yang dipilih harus yang cocok untuk pekerjaan elektronika, sangat dianjurkan bahan pasta yang sudah terdapat pada bahan timah patri itu sendiri.
·         Panas yang dibutuhkan adalah sebesar titik cair dari bahan timah solder yang dipakai biasanya sebesar 300 derajat, solder yang baik harus memiliki suhu yang tetap dan memiliki baut yang cocok. Biasanya ukuran baut solder 1-2 kali ukuran lebar benda yang disolder, untul melindungi komponen yang di solder diperlukan alat pendingin solder yaitu HEAT SINK. Alat ini berupa tang atau capit yang dibuat khusus.
Tahap – tahap cara penyolderan yaitu:
·         Hubungkan steker solder kepada tegangan listrik.
·         Tunggu kurang lebih selama 15 menit hingga solder itu panas.
·         Selama waktu menunggu usahakan kita persiapkan apa yang di perlukan pada saat kita menyolder. Contohnya timah dan PCB yang akan disolder.
·         Pastikan semua bagian yang akan disolder itu bersih.
·          Sebelum ujung solder digunakan, alangkah lebih baiknya kita membersihkanya terlebih dahulu.
·          Usahakan agar solder tetap pada dudukan solder.
·         Periksa bahwa suhu dari baut solder sudah cukup, cara memeriksanya dengan cara menyentuhkan timah solder kepada ujung solder.
·         Setelah solder panas, hubungkan timah dengan ujung solder.
·         Secara perlahan- lahan timah di tarik.
·         Dan yang masih menempel pada kaki komponen adalah ujung solder.
·         Selama kurang lebih 2 detik solder harus langsung diangkat.
·         Apabila terjadi kesalahan, gunakanlah pernyedot timah.
·         Usahakan hasil dari penyolderan terlihat mengkilap.
·         Merapikan bahan dan peralatan yang sudah digunakan.

4.3              Proses merapihkan

Pada bagian merapihkan tahapnya hanya memotong kaki-kaki  komponen yang sudah disolder dengan menggunakan tang potong , perlu diketahui janganlah memotong kaki- kaki komponen terlalu pendek karena tidak terlihat rapih,dan selanjutnya adalah  membersihkan kotoran- kotoran bekas solder, menyempurnakan lagi hasil solder, mengulang yang kurang sempurna dan mengusahakan yang terbaik, Dan jangan lupa untuk merapihkan barang yang sudah dipergunakan.



4.4              Proses penempatan pada acrilic
Sebelum kita menempatkan PCB pada acrilic, kita harus menyiapkan sebuah acrilic, bor listrik, mata bor yang cukup besar dan yang terakhir adalah amplas, Dengan membuat 2 lubang pada PCB juga pada acrilic, lalu PCB dan acrilic dihubungkan dengan 2 buah sekrup dan penahanya. Diameter mata bor yang digunakan cukup besar, cara menempelkan acrilic yaitu dengan mempergunakan superglue, setelah PCB di beri acrilic, acrilic dilapisi oleh solatip, karena pada acrilic terlihat bekas-bekas penggunaan super glue, maka dari itu acrilic diberi solatip.










BAB V
PENGUJIAN

5.1              Pengujian

Dalam tahap pengujian ini caranya dengan menghubungkan power supply dengan sumber tegangan PLN, berikut langkah – langkah rinci mengenai pengujian :
·         Pertama-tama kita hubungkan power supply dengan sumber tegangan PLN.
·         Setelah dihubungkan, otomatis power supply sedang berjalan.
·         Setelah itu kita ukur pada probe pengeluaran power supply, apakah tegangan yang dikeluarkan sama dengan tegangan yang sudah diatur.
·         Apabila tegangan sama dengan tegangan yang sudah diatur, maka power supply ini berjalan dengaan baik

5.2              Tabel pengukuran

Pada saat langkah pengukuran ini, kita membutuhkan sebuah AVOMETER dan sebuah rangkaian elektronika yang akan di ukur.aturan yang digunakan pada saat pengukuran yaitu:
·         Pada saat kita mengukur hambatan, gunakanlah skala x10 ohm agar memudahkan kita pada saat pembacaan hasil pengukuran.
·         Pada saat kita mengukur tegangan DC, gunakanlah skala x10 volt karena agar memudahkan kita pada saat pembacaan hasil pengukuran.
·         Pada saat kita mengukur arus, gunakanlah skala x25 mA agar memudahkan kita pada saat pembacaan hasil pengukuran.
·         Berhati-hatilah pada saat pembacaan hasil pengukuran.
·         Dan jangan pernah lupakan kalibrasi pada saat pengukuran apapun.



Nilai pengukuran
No
Nama komponen
Tegangan
Hambatan
1
Transistor


2
Transistor


3
Diooda LED


4
Resistor 0,2 R/5w


5
Resistor 100K


6
Resistor 100K


7
Resistor 2K7


8
Resistor 2K7


9
Resistor 100 R


10
Resistor 22K


11
Resistor 22K


12
Resistor 100K


13
Resistor 100 R


14
IC


15
Soket IC
                           

16
Kapasitor


17
Kapasitor


18
Trimpot


19
Dioda


20
Dioda






















BAB VI
TAMPILAN TUGAS

6.1              Secara Teori

Secara teori hasil kerja pada rangkaian ini berjalan dengan sesuai harapan, buktinya pada saat steker power supply dicolokan pada sumber tegangan PLN, power supply mengeluar kan lagi tegangan yang sesuai dengan pengaturan. Buktinya pada saat hubungkan power supply dengan sumber tegangan PLN. Setelah dihubungkan, otomatis power supply sedang berjalan.Setelah itu kita ukur pada probe pengeluaran power supply, apakah tegangan yang dikeluarkan sama dengan tegangan yang sudah diatur.setelah diukur  tegangan sama dengan tegangan yang sudah diatur, maka power supply ini berjalan dengaan baik

6.2              Secara Fisik

Secara fisik hasil kerja yang dapat diperlihatkan sebagai berikut:






                                                                       

BAB VII
PENUTUP

7.1  Penutup

Laporan adalah sebuah tugas yang diberikan oleh guru yaitu membuat sebuah alat elektronika, yang menggunakan komponen sederhana dengan tingkatan elektronika yang masih mendasar.
Alat elektronika yang dibuat penulis adalah Power Supply, rangkaian ini menggunakan komponen yang masih mendasar dan mudah untuk dicari, akan tetapi manfaat yang akan didapat sungguh sangat banyak.
Semoga dengan disusunya laporan ini bermanfaat bagi saya sendiri dan khususnya bagi para pembaca, semua ini tidak akan berhasil tanpa bantuan para teman-teman, guru-guru, kakak kelas dan utamanya kepada allah swt, karena yang telah mengizinkan saya untuk dapat membuat sebuah alat elektronika.
7.2  Kesimpulan

Kesimpulanya dengan kita diberikan tugas seperti ini, kita akan banyak mendapatkan ilmunya seperti mengukur, membuat layout, melarut, menyolder, mengebor dan lain-lain, semua ini tidak akan terjadi tanpa adanya praktek, maka dari itu tugas ini sangat berarti.
Bahwa rangkaian ini dapat memberi tegangan yang berbentuk DC, dengan hanya menggunakan trafo dan beberapa komponen, semua ini dapat diciptakan, dengan harga yang relatif murah semua komponen yang dibutuhkan dapat dibeli.
Apabila terjadi kesalahan yang fatal pada saat pembuatan, janganlah pesimis, cobalah terus, karena dengan mencoba terus apapun semua dapat diwujudkan. Dan tanpa usaha semua tidak akan terwujud akan tetapi usaha kita tersebut harus bersama-sama dengan kesungguhan kita.
Jadi semua yang dilakukan pada tugas kali ini harus dilaksanakan dengan penuh ketelitian dan penuh keseriusan. Dan penulis mengucapkan mohon maaf kepada para pembaca maupun yang berhubungan apabila ada kesalahan pada laporan ini.
7.3  Kritik dan Saran
Dalam rangka menyempurnakan laporan ini, penulis meminta agar para pembaca memberikan kritik dan saranya, karena tanpa kritik dan saran, laporan ini tidak akan pernah sempurna.maka dari itu penulis sangat menerima kritik dan saranya dengan senang hati.
Dan apabila ada kritik dan saranya penulis mengucapkan banyak terima kasih.
KRITIK :








SARAN :















DAFTAR PUSTAKA
Komponen elektronika, www.google.com
Chandra, Frangky .2009.BUKU JAGO ELEKTRONIKA.  jakarta
Guru-guru STM,2012,Terknik Transmisi, SMK Negeri 1 Cimahi
Aplikasi Elektronika, 2012 ,ELECTRONIC WORKBENC 5.0,
Resistor.www.wikipedia.org
Muhadi,2012,Bandung

























LAMPIRAN








Tidak ada komentar:

Posting Komentar